Friday, October 20, 2017

Berbagai Mitos dan Fakta Seputaran Penyakit Diabetes

Mitos & fakta

Ada banyak mitos tentang diabetes yang bisa membuat fakta terpisah dari fiksi sulit. Untuk mengatasi kebingungan tersebut, kami telah memecahkan beberapa kesalahpahaman yang umum terjadi dalam masyarakat.

Mitos-Diabetes tidak serius

Fakta - Tidak ada yang namanya diabetes "ringan". Semua jenis diabetes itu serius dan bisa berakibat pada komplikasi jika tidak dikelola dengan baik. Diabetes dapat mempengaruhi kualitas hidup dan dapat mengurangi harapan hidup.

Mitos - Semua jenis diabetes adalah sama

Fakta - Ada sejumlah jenis diabetes. Yang paling umum adalah tipe 1, tipe 2 dan gestational diabetes Bentuk lain dari diabetes kurang umum. Setiap jenis diabetes memiliki penyebab yang berbeda dan dapat dikelola dengan cara yang berbeda, namun begitu seseorang memiliki jenis diabetes kecuali diabetes gestasional, perlu dikelola setiap hari.Gestational diabetes hilang setelah kehamilan, namun secara signifikan meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2 di kemudian hari. Semua jenis diabetes itu kompleks dan serius.

Mitos - Diabetes bisa dicegah

Fakta - Tidak semua jenis diabetes bisa dicegah. Tipe 1 adalah kondisi autoimun, tidak dapat dicegah dan tidak ada obatnya. Penyebab diabetes tipe 1 masih belum diketahui.
Bukti internasional yang kuat menunjukkan program pencegahan diabetes dapat membantu mencegah diabetes tipe 2 sampai 58 persen kasus. Tidak ada penyebab tunggal diabetes tipe 2, namun ada beberapa faktor risiko yang mapan.Risiko Anda terkena diabetes juga dipengaruhi oleh hal-hal yang tidak dapat Anda ubah seperti riwayat keluarga dan etnisitas.

Mitos - Anda harus kelebihan berat badan atau obesitas untuk mengembangkan diabetes

Fakta - Kelebihan berat badan atau obesitas merupakan faktor risiko diabetes tipe 2 namun bukan penyebab langsung.Beberapa orang yang kelebihan berat badan mungkin tidak mengalami diabetes tipe 2 sementara beberapa orang yang memiliki berat badan sehat akan mengalami diabetes tipe 2.
Diabetes tipe 1 tidak dapat dicegah dan tidak terkait dengan berat badan, ketidakaktifan fisik atau faktor gaya hidup lainnya.

Mitos - Anda hanya menderita diabetes tipe 1 saat Anda masih muda

Fakta - Permulaan diabetes tipe 1 paling sering terjadi pada orang di bawah 30 tahun, namun penelitian baru menunjukkan hampir setengah dari semua orang yang mengembangkan kondisi tersebut didiagnosis berusia di atas 30 tahun.

Mitos - Anda hanya menderita diabetes tipe 2 saat Anda sudah tua

Diabetes tipe-2 biasanya berkembang pada orang dewasa di atas usia 45 tahun namun semakin banyak terjadi pada kelompok usia muda termasuk anak-anak, remaja dan dewasa muda.

Mitos - Orang penderita diabetes tidak bisa makan makanan penutup

Fakta - Karena diabetes mempengaruhi kadar glukosa darah, banyak orang berpikir mereka perlu menghindari gula dan makanan yang mengandung gula. Namun, jika dimakan sebagai bagian dari rencana makan sehat, atau dikombinasikan dengan olahraga, permen dan makanan penutup bisa dimakan oleh penderita diabetes. Kuncinya adalah makan semuanya secukupnya.
Pedoman Diet Australia direkomendasikan untuk orang dengan semua jenis diabetes dan juga populasi lainnya. Untuk kebutuhan diet Anda, kami merekomendasikan untuk melihat Ahli Diet Terapan yang Terakreditasi dan berbicara dengan tim kesehatan diabetes Anda tentang pendekatan yang tepat untuk membantu Anda hidup sehat dengan diabetes Anda.

Mitos - Orang dengan diabetes tipe 1 tidak dapat berpartisipasi dalam olahraga atau olah raga

Fakta - Banyak juara olahraga Australia menderita diabetes tipe 1. Baca profil kami di pemain AFL Jack Fitzpatrick yang bermain untuk Melbourne Football Club.

Mitos - Tak seorang pun di keluarga saya menderita diabetes jadi saya tidak perlu khawatir

Fakta - Riwayat keluarga hanyalah salah satu faktor risiko diabetes tipe 2.

Mitos - Orang dengan diabetes adalah pengemudi yang tidak aman

Fakta - Sebagian besar pengemudi yang menggunakan insulin dapat berkendara dengan aman. Pelajari lebih lanjut di sini.

Mitos - Hanya penderita diabetes tipe 1 yang membutuhkan insulin

Diabetes tipe-2 adalah kondisi progresif. 50 persen penderita diabetes tipe 2 memerlukan insulin setelah 6-10 tahun didiagnosis menderita diabetes karena pankreas memproduksi lebih sedikit insulin dari waktu ke waktu. Mengambil pengobatan bila diperlukan dapat mengakibatkan komplikasi yang lebih sedikit dalam jangka panjang dan merupakan bagian dari pengelolaan diabetes tipe 2.
Orang dengan diabetes tipe 1 bergantung pada penggantian insulin setiap hari dalam kehidupan mereka. Mereka harus menguji kadar glukosa darah beberapa kali sepanjang hari.


EmoticonEmoticon