Monday, October 23, 2017

Karbohidrat yang diperbolehkan untuk penderita Diabetes


Diabetes adalah penyakit kronis yang telah mencapai proporsi epidemik. Saat ini mempengaruhi lebih dari 400 juta orang di seluruh dunia. Meski diabetes adalah penyakit yang rumit, menjaga kontrol gula darah yang baik bisa sangat mengurangi risiko komplikasi.

Salah satu cara untuk mencapai kadar gula darah yang lebih baik adalah mengikuti diet rendah karbohidrat .
Artikel ini memberikan gambaran yang sangat rinci tentang diet rendah karbohidrat untuk mengelola diabetes.
Apa itu Diabetes, dan Peran Apa yang Dimainkan Makanan?
Jika Anda menderita diabetes, tubuh Anda tidak dapat memproses karbohidrat secara efektif.
Biasanya, saat Anda makan karbohidrat, mereka dipecah menjadi unit glukosa kecil, yang berakhir dengan gula darah.
Saat kadar gula darah naik, pankreas merespons dengan memproduksi hormon insulin.Hormon ini memungkinkan gula darah masuk ke sel.
Pada orang sehat, kadar gula darah tetap berada dalam kisaran sempit sepanjang hari. Pada diabetes, bagaimanapun, sistem ini tidak bekerja sebagaimana mestinya.
Ini adalah masalah besar, karena kadar gula darah terlalu tinggi dan terlalu rendah dapat menyebabkan kerusakan parah.
Ada beberapa jenis diabetes, tapi dua yang paling umum adalah diabetes tipe 1 dan tipe 2.Kedua kondisi ini dapat didiagnosis pada usia berapapun.
Pada diabetes tipe 1, proses autoimun menghancurkan sel beta penghasil insulin di pankreas.Penderita diabetes harus menyuntikkan insulin beberapa kali sehari untuk memastikan bahwa glukosa masuk ke dalam sel dan tetap pada tingkat yang sehat dalam aliran darah.
Pada diabetes tipe 2, sel beta pada awalnya menghasilkan cukup insulin, namun sel-sel tubuh resisten terhadap aksinya, sehingga gula darah tetap tinggi. Untuk mengimbangi, pankreas menghasilkan lebih banyak insulin, mencoba menurunkan gula darah.
Seiring waktu, sel beta kehilangan kemampuan mereka untuk menghasilkan cukup insulin.
Dari ketiga nutrisi - protein , karbohidrat dan lemak - karbohidrat memiliki dampak terbesar pada kontrol gula darah. Ini karena tubuh memecah mereka menjadi glukosa.
Oleh karena itu, penderita diabetes mungkin perlu minum insulin dan / atau obat diabetes dosis tinggi saat mereka makan banyak karbohidrat.
INtinya : Penderita diabetes kekurangan insulin, atau tahan terhadap efeknya. Saat mereka makan karbohidrat, gula darah mereka bisa naik ke tingkat yang berpotensi berbahaya kecuali jika obat diminum.
Apakah Diet Rendah Karbohidrat Membantu Mengelola Diabetes?
Banyak penelitian mendukung diet rendah karbohidrat untuk pengobatan diabetes.
Sebenarnya, sebelum penemuan insulin pada tahun 1921, diet sangat rendah karbohidrat dianggap sebagai pengobatan standar untuk penderita diabetes.
Terlebih lagi, diet rendah karbohidrat nampaknya bekerja dengan baik dalam jangka panjang, asalkan pasien mematuhi diet.
Dalam sebuah penelitian, penderita diabetes tipe 2 mengikuti diet rendah karbohidrat selama 6 bulan. Diabetes mereka tetap terkontrol dengan baik lebih dari 3 tahun kemudian jika mereka bertahan dalam diet.
Demikian pula, ketika orang dengan diabetes tipe 1 mengikuti diet yang dibatasi karbohidrat, mereka yang mengikuti diet melihat peningkatan kadar gula darah yang signifikan selama periode 4 tahun.
intinya : Penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes mengalami perbaikan jangka panjang pada kontrol gula darah saat menjalani diet rendah karbohidrat.

Apakah  Asupan Karbohidrat Optimal untuk Penderita Diabetes?
Asupan karbohidrat ideal untuk penderita diabetes adalah topik yang agak kontroversial, bahkan di antara mereka yang mendukung pembatasan karbohidrat.
Banyak penelitian menemukan peningkatan dramatis dalam kadar gula darah, berat dan penanda lainnya saat karbohidrat dibatasi sampai 20 gram per hari.
Dr. Richard K. Bernstein, yang menderita diabetes tipe 1, telah mengonsumsi 30 gram karbohidrat per hari dan mendokumentasikan kontrol gula darah yang sangat baik pada pasiennya yang mengikuti rejimen yang sama.
Namun, penelitian lain menunjukkan bahwa pembatasan karbohidrat yang lebih moderat, seperti 70-90 gram karbohidrat total, atau 20% kalori dari karbohidrat, juga efektif.
Jumlah karbohidrat yang optimal juga dapat bervariasi menurut individu, karena setiap orang memiliki respons unik terhadap karbohidrat. Untuk mengetahui jumlah ideal Anda, Anda mungkin ingin mengukur glukosa darah Anda dengan satu meter sebelum makan dan lagi 1 sampai 2 jam setelah makan.
Selama gula darah Anda tetap di bawah 140 mg / dL (8 mmol / L), titik di mana kerusakan pada saraf dapat terjadi, Anda dapat mengkonsumsi 6 gram, 10 gram atau 25 gram karbohidrat per makanan pada diet rendah karbohidrat. .
Semuanya tergantung pada toleransi pribadi Anda. Ingatlah bahwa aturan umum adalah kurang karbohidrat yang Anda makan, semakin sedikit gula darah Anda akan naik.
Dan, daripada menghilangkan semua karbohidrat, diet rendah karbohidrat sehat harus mencakup sumber karbohidrat padat serat dan serat tinggi seperti sayuran, buah beri, kacang-kacangan dan biji-bijian.
INTINYA : Asupan karbohidrat antara 20-90 gram per hari telah terbukti efektif dalam meningkatkan kontrol gula darah. Namun, yang terbaik adalah menguji gula darah sebelum dan sesudah makan untuk menemukan batas karbohidrat pribadi Anda.
Karbohidrat yang mana yang mampu menaikkan kadar gula darah?
Karbohidrat pada makanan nabati terdiri dari kombinasi pati, gula dan serat . Hanya komponen pati dan gula yang meningkatkan gula darah.
Serat yang ditemukan secara alami dalam makanan, apakah larut atau tidak larut, tidak terurai menjadi glukosa dalam tubuh dan tidak menaikkan kadar gula darah.
Anda benar-benar dapat mengurangi serat dari kandungan karbohidrat total, sehingga Anda dapat menikmati konten karbohidrat yang mudah dicerna atau "bersih". Misalnya, satu cangkir kembang kol mengandung 5 gram karbohidrat, 3 di antaranya adalah serat. Karenanya, kandungan karbohidrat bersihnya adalah 2 gram.
Serat prebiotik, seperti inulin, bahkan terbukti meningkatkan gula darah puasa dan tanda kesehatan lainnya pada penderita diabetes tipe 2.
Alkohol gula seperti maltitol, xylitol , erythritol dan sorbitol sering digunakan untuk mempercantik permen bebas gula dan produk diet lainnya.
Beberapa dari mereka, terutama maltitol, sebenarnya bisa menaikkan kadar gula darah pada penderita diabetes.
Untuk alasan ini, jumlah karbohidrat bersih yang tercantum pada label produk mungkin tidak akurat jika semua karbohidrat yang dikontribusikan oleh maltitol dikurangkan dari total.
Penghitung karbohidrat ini bisa menjadi sumber yang berharga. Ini menyediakan data untuk ratusan makanan dengan karbohidrat total, karbohidrat bersih, serat, protein dan lemak.
Intinya : Pati dan gula meningkatkan kadar gula darah, tapi serat makanan tidak. Maltitol alkohol gula juga bisa meningkatkan gula darah.
Makanan untuk Makan dan Makanan yang Harus Dihindari
Cara terbaik adalah memusatkan perhatian pada makan makanan rendah karbohidrat dan berkualitas tinggi.
Penting juga memperhatikan isyarat kelaparan dan kepenuhan tubuh Anda, terlepas dari apa yang Anda makan.
Makanan untuk makan
Anda bisa makan makanan rendah karbohidrat berikut sampai kenyang, dan Anda harus memastikan untuk mendapatkan cukup protein setiap kali makan.
·          Daging, unggas dan seafood.
·          Telur .
·          Keju .
·          Sayuran non-tepung (kebanyakan sayuran kecuali yang tercantum di bawah).
·          Alpukat
·          Zaitun.
·          Minyak zaitun , minyak kelapa , mentega, krim, krim asam dan krim keju.
Makanan yang harus dimakan dalam jumlah kecil
Makanan berikut dapat dimakan dalam jumlah yang lebih kecil saat makan, tergantung pada toleransi karbohidrat pribadi Anda.
·          Berries: 1 cangkir atau kurang.
·          Yoghurt polos, Yunani: 1 cangkir atau kurang.
·          Keju cottage: 1/2 cangkir atau kurang.
·          Kacang-kacangan dan kacang tanah : 1-2 oz atau 30-60 gram.
·          Biji rami atau biji chia : 2 sendok makan.
·          Cokelat hitam (setidaknya 85% kakao): 30 gram atau kurang.
·          Squash musim dingin (butternut, biji pohon ek, labu, spaghetti dan hubbard): 1 cangkir atau kurang.
·          Minuman keras: 1,5 oz atau 50 gram.
·          Kering merah atau putih anggur: 4 oz atau 120 gram.
Mengurangi karbohidrat biasanya menurunkan kadar insulin, yang menyebabkan ginjal melepaskan sodium dan air.
Cobalah untuk makan kaldu, buah zaitun atau beberapa makanan rendah karbohidrat rendah untuk menebus sodium yang hilang. Jangan takut menambahkan garam ke makanan Anda.
Namun, jika Anda mengalami gagal jantung kongestif, penyakit ginjal atau tekanan darah tinggi, bicarakan dengan dokter Anda sebelum meningkatkan jumlah sodium dalam makanan Anda.
Makanan yang harus dihindari
Makanan ini tinggi karbohidrat dan secara signifikan dapat meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes:
·          Roti, pasta, sereal , jagung dan biji - bijian lainnya.
·          Sayuran bertepung seperti kentang , ubi jalar , ubi jalar dan talas.
·          Kacang polong , seperti kacang polong, kacang lentil dan kacang-kacangan (kecuali kacang hijau dan kacang polong salju).
·          Susu .
·          Buah selain berry.
·          Jus , soda , punch, teh manis, dll.
·          Bir.
·          Makanan pencuci mulut, makanan panggang, permen, es krim, dll.
intinya : Stick untuk makanan rendah karbohidrat seperti daging, ikan, telur, makanan laut, sayuran non-tepung dan lemak sehat. Hindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

Makanan tambahan yang merupakan  Makanan Rendah Karbohidrat untuk Penderita Diabetes
Berikut adalah contoh menu dengan 15 gram atau kurang tepung yang dapat dicerna per makanan. Jika toleransi karbohidrat pribadi Anda lebih tinggi atau lebih rendah, Anda dapat menyesuaikan ukuran porsi.
Sarapan: Telur dan Bayam
·          3 butir telur dimasak dengan mentega (1,5 gram karbohidrat).
·          1 cangkir bayam tumis (3 gram karbohidrat).
·          1 cangkir blackberry (6 gram karbohidrat).
·          1 cangkir kopi dengan krim dan pemanis bebas gula opsional.
Total dicerna karbohidrat: 10,5 gram.
Makan siang: Cobb Salad
·          3 oz (90 g) ayam matang
·          1 oz (30 g) keju Roquefort (1/2 gram karbohidrat).
·          1 potong daging asap
·          1/2 alpukat medium (2 gram karbohidrat).
·          1 cangkir tomat cincang (5 gram karbohidrat).
·          1 cangkir selada parut (1 gram karbohidrat).
·          Minyak zaitun dan cuka .
·          20 gram (2 kotak kecil) 85% dark chocolate (4 gram karbohidrat).
·          1 gelas es teh dengan pemanis bebas gula opsional.
Total karbohidrat yang dapat dicerna: 12,5 gram.
Makan malam: Salmon dengan Veggies
·          4 oz salmon bakar
·          1/2 cangkir zincchini tumis (3 gram karbohidrat).
·          1 cangkir jamur tumis (2 gram karbohidrat).
·          1/2 cangkir stroberi irisan dengan whipped cream.
·          1 oz cincang kenari (6 gram karbohidrat).
·          4 oz (120 g) anggur merah (3 gram karbohidrat).
Total dicerna karbohidrat: 14 gram.
Total karbohidrat dicerna untuk hari ini: 37 gram.
inti sari : Rencana makan untuk mengelola diabetes sebaiknya ruang karbohidrat merata selama tiga kali makan. Setiap makanan harus mengandung keseimbangan protein, lemak sehat dan sejumlah kecil karbohidrat, kebanyakan dari sayuran.
Bicaralah dengan Dokter Anda Sebelum Mengubah Diet Anda
Bila karbohidrat dibatasi, sering terjadi pengurangan gula darah secara dramatis.
Untuk alasan ini, insulin dan dosis pengobatan lainnya biasanya perlu dikurangi. Dalam beberapa kasus, mereka mungkin perlu dihilangkan sama sekali.
Satu studi melaporkan bahwa 17 dari 21 subjek dengan diabetes tipe 2 mampu menghentikan atau mengurangi pengobatan diabetes saat karbohidrat dibatasi hingga 20 gram sehari.
Dalam penelitian lain, penderita diabetes tipe 1 mengkonsumsi kurang dari 90 gram karbohidrat setiap harinya. Kontrol glukosa darah mereka meningkat, dan ada sedikit insiden gula darah rendah karena dosis insulin berkurang secara signifikan.
Jika insulin dan obat lain tidak disesuaikan dengan diet rendah karbohidrat, ada risiko tinggi untuk kadar glukosa darah rendah berbahaya, juga dikenal sebagai hipoglikemia.
Oleh karena itu, penting bagi orang yang mengonsumsi obat insulin atau diabetes berbicara dengan dokter mereka sebelum memulai diet rendah karbohidrat.
INTINYA : Kebanyakan orang perlu mengurangi dosis obat diabetes atau insulin saat mengikuti diet rendah karbohidrat. Kegagalan untuk melakukannya dapat menyebabkan kadar gula darah rendah berbahaya.
Cara Lain Menurunkan Tingkat Gula Darah
Selain mengikuti diet rendah karbohidrat, aktivitas fisik juga bisa membantu mengendalikan diabetes dengan meningkatkan sensitivitas insulin.
Kombinasi latihan ketahanan dan latihan aerobik sangat bermanfaat.
Kualitas tidur juga penting. Penelitian telah secara konsisten menunjukkan bahwa orang-orang yang kurang tidur memiliki peningkatan risiko terkena diabetes.
Satu studi observasional terakhir menemukan bahwa penderita diabetes yang tidur 6,5-7,5 jam per malam memiliki kontrol glukosa darah yang lebih baik, dibandingkan dengan mereka yang tidur kurang atau lebih.
Kunci lain untuk kontrol gula darah yang baik adalah manajemen stres. Yoga, Qigong dan meditasi telah terbukti menurunkan kadar gula darah dan insulin.
INTINYA : Selain mengikuti diet rendah karbohidrat, aktivitas fisik, tidur berkualitas dan manajemen stres dapat lebih meningkatkan pengendalian diabetes.
Diet Rendah Karbohidrat Efektif Melawan Diabetes
Studi menunjukkan bahwa diet rendah karbohidrat dapat secara efektif mengatur diabetes tipe 1 dan tipe 2.
Diet rendah karbohidrat dapat memperbaiki kontrol gula darah, mengurangi kebutuhan pengobatan dan mengurangi risiko komplikasi diabetes.
Ingatlah untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum melakukan perubahan diet, karena dosis pengobatan Anda mungkin perlu disesuaikan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon