Friday, October 20, 2017

Apakah diabetes gestasional mempengaruhi perkembangan bayi?

Gestational diabetes didiagnosis selama kehamilan ketika tubuh Anda tidak dapat mengatasi permintaan ekstra untuk produksi insulin sehingga kadar glukosa darah tinggi. Gestational diabetes dikelola dengan memantau kadar glukosa darah, menerapkan rencana makan sehat dan melakukan aktivitas fisik secara teratur. Penatalaksanaan diabetes gestasional yang efektif akan mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan dan kelahiran bayi Anda.

Tim kesehatan Anda termasuk dokter, spesialis, ahli gizi dan Pendidik Kredensial Diabetes Anda, dapat membantu Anda dalam memantau glukosa darah, makan sehat dan aktivitas fisik.
Ada tiga komponen dasar dalam mengelola diabetes gestasional secara efektif:
•    memantau kadar glukosa darah
•    mengadopsi pola makan sehat
•    aktivitas fisik.

Gestational diabetes biasanya dapat dikelola dengan makan sehat dan aktivitas fisik yang teratur. Namun, bagi beberapa wanita dengan diabetes gestasional, suntikan insulin akan diperlukan untuk sisa kehamilan. Sekitar 10 - 20% wanita membutuhkan insulin; Namun, begitu bayi lahir insulin sudah tidak dibutuhkan lagi. Ini aman untuk Anda dan bayi Anda.

Setelah bayi lahir, diabetes gestasional biasanya lenyap. Tes glukosa darah khusus (Oral Glucose Tolerance Test) (OGTT) dilakukan enam minggu setelah melahirkan untuk memastikan kadar glukosa darah kembali normal. Namun, wanita yang memiliki diabetes gestasional memiliki peningkatan risiko terkena diabetes tipe 2 di kemudian hari dan harus diuji diabetes setidaknya setiap 2 - 3 tahun.

Apakah gestational diabetes mempengaruhi bayi saya?

Jika diabetes gestasional tidak terpelihara dengan baik (kadar glukosa darah tetap tinggi), hal itu bisa mengakibatkan masalah seperti bayi besar, keguguran dan kelahiran mati. Bayi yang besar dapat menciptakan risiko cedera saat persalinan, persalinan sesar, persalinan forseps dan kebutuhan bayi untuk dirawat dalam perawatan khusus sampai tingkat glukosa stabil setelah melahirkan. Komplikasi lain mungkin termasuk kehilangan kehamilan dan persalinan prematur. Jika ada masalah, rumah sakit akan merawat Anda dan bayi Anda.

Pemantauan kadar glukosa darah saat hamil

Penting untuk memantau kadar glukosa darah Anda di rumah untuk memastikan bahwa pengelolaan diabetes gestasional menjaga tingkat glukosa darah Anda dalam kisaran target. Pendidik Diabetes Credentialled Anda dapat menunjukkan kepada Anda bagaimana cara memeriksa kadar glukosa darah Anda dan membantu Anda memahami pola glukosa darah Anda. Ini untuk memastikan perawatan yang tepat dapat diberikan dan diubah seperlunya.

    Dokter Anda atau Pendidik Diabetes Credentialled akan memberi tahu Anda tentang target kadar glukosa darah yang disarankan dan waktu pengujian.
Jika kadar glukosa darah Anda tidak dapat dikelola dengan makan sehat dan aktivitas fisik saja, dokter Anda mungkin menyarankan pengobatan. Sebagian besar tablet diabetes tidak sesuai untuk digunakan selama kehamilan, tapi suntikan insulin dan / atau obat yang disebut metformin mungkin diperlukan untuk membantu mengelola diabetes gestasional Anda.


EmoticonEmoticon